Buku di Maret 2014

Alhamdulillah, saya bisa membaca sembilan buku selama satu bulan kemarin. Ini adalah sebuah pembalasan yang sangat manis setelah di bulan Februari 2014 saya hanya membaca dua buku. Berikut adalah kesembilan buku yang saya baca di bulan Maret 2014:

1. A to Z by Request – Rizal Affif dkk.

Saya sudah menulis ulasannya di sini. Tidak berlebihan jika saya bilang buku ini adalah salah satu pembelian buku terbaik yang pernah saya lakukan. Saya menyukai hampir semua cerita dalam antologi cerpen tersebut. Tidak ada salahnya bagi teman-teman sekalian untuk membuktikan klaim saya dengan membeli buku tersebut.

Rating: 5/5

2. Guns, Germs, and Steel: The Fates of Human Societies – Jared Diamond

Jujur saja saya tidak membaca buku ini dengan khusyuk. Maksudnya, saya hanya membaca cepat. Skimming. Bab-bab yang terlalu bertele-tele saya lewati saja dan saya lanjut ke bab-bab yang menurut saya lebih menarik. Mohon maaf saya tidak dapat bercerita lebih banyak tentang buku ini. Karena saya sendiri kurang menikmatinya. Padahal dari berbagai resensi yang saya baca buku ini bagus. Teman saya juga bilang bagus. Entah kenapa saya juga tidak memberikan penilaian yang sama. Well, beda selera saja mungkin ya. Tetapi, bukan berarti ini buku yang jelek. Masih ada bab-bab yang saya suka dan menarik.

Rating: 3/5

3. Decision Making Near the End of Life – James L. Werth, Jr. dan Dean Blevins (editor)

Ulasan lebih lengkap dapat dibaca di sini. Buku ini membahas keputusan yang harus dibuat menjelang akhir kehidupan pasien yang menderita penyakit yang mengancam nyawa mereka, seperti kanker dan HIV/AIDS, atau pasien yang mengalami brain trauma. Topik yang menarik. Buku ini membuat saya sudah memikirkan apa yang akan saya lakukan seandainya kemalangan itu terjadi pada diri saya.

Rating: 3/5

4. The Metamorphosis – Franz Kafka

Gregor Samsa terbangun pada suatu pagi dan mendapati dirinya bermetamorfosis menjadi serangga. Saya tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya karena Kafka tidak menjelaskannya. Yang pasti transformasi Gregor Samsa menjadi serangga membuat keluarganya sangat malu. Dia menjadi terasingkan di rumahnya sendiri. Hanya adik perempuannya yang mau merawat Samsa. Ayahnya sudah tidak mau menganggapnya lagi dan tidak ambil peduli. Sementara ibunya masih terguncang. Novel ini adalah cerita tentang sebuah metamorfosis yang membuat sebuah keluarga harus beradaptasi.

Rating: 3/5

5. Predictably Irrational – Dan Ariely

Buku ini tentang keputusan-keputusan irasional yang kita ambil dalam kehidupan sehari-hari kita. Untuk ulasan lebih lengkap dapat dibaca di sini.

Rating: 5/5

6. Madre: A Coffee Table Book – Dee

Mengecewakan! Mengecewakan! Mengecewakan! Ini bukan Madre yang kumpulan cerpen, melainkan adaptasi cerita dari film yang berjudul sama dari cerita pendek yang juga berjudul sama. Bingung? Jadi begini, Dewi Lestari menulis Madre yang berisi kumpulan cerpen. Dari kumpulan cerpen itu Madre dibuat filmnya dan kemudian dari film itu diadaptasi lagi ceritanya menjadi Madre yang bukunya saya beli ini. Betapa bodohnya saya telah salah membeli buku. 😦

Rating: 1/5

7. Jadi Penulis, Siapa Takut! – Alif Danya Munsyi

Buku ini memberikan tips dan trik dalam menulis fiksi (novel, cerpen, puisi, drama, dll) dan nonfiksi (resensi, berita, kritik, esai). Sayangnya, saya bingung dengan tips dan trik yang diberikan. Dalam setiap bab ditulis dengan memberikan nomor untuk setiap tips dan trik. Ini sungguh mengganggu bagi saya. Belum lagi ditambah dengan kosakata-kosakata yang membingungkan. Kosakata yang digunakan kurang membumi dan juga terlalu banyak istilah. Jadi, tidak dapat disebut juga buku tips dan trik dalam menulis kalau untuk membacanya saja saya bingung. 😦

Rating: 1/5

8.  Snow White and the Huntsman – Lily Blake

Snow White and the Huntsman berkisah tentang Snow White yang cantik jelita dan merupakan pewaris tahta kerajaan. Ratu Ravenna jika ingin tetap cantik dan awet muda harus memakan jantung Snow White. Sudah lama saya tidak baca dongeng dan bisa dibilang saya cukup suka dengan novel ini.

Rating: 2/5

9. InterWorld – Neil Gaiman dan Michael Reaves

Sebuah kisah menarik lainnya dari Neil Gaiman dan ditulis bersama Michael Reaves. Saya sudah menulis resensi InterWorld di sini. Tersesat adalah hobi Joey Harker. Rupanya Joey menjadi gampang tersesat bukannya tanpa alasan. Dia adalah seorang Pelintas antardimensi. Kekuatannya diperebutkan oleh dua kekuatan yang sama jahatnya, yaitu HEX yang mengandalkan sihir dan Binary yang mengandalkan sains. Namun, Joey memutuskan untuk bergabung kekuatan dengan pasukan yang merupakan berbagai versi dirinya dari berbagai dimensi. Mereka pun memiliki kekuatan hebat seperti Joey.

Rating: 4/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s