#26 – Jomblo tapi Hafal Pancasila

Jomblo tapi Hapal PancasilaJudul: Jomblo tapi Hafal Pancasila
Penulis: Agus Mulyadi
Penerbit: B first (PT Bentang Pustaka) (Cetakan I, Juli 2014)
Halaman: x + 314
ISBN 13: 978-602-1383-04-9
Harga: Gratis. Hadiah menang kuis dari Om Warm.
Rating: 1/5

Sudah lama saya mendengar nama Agus Mulyadi. Sepertinya beliau sekarang-sekarang ini begitu ngehits. Gosip yang saya dengar bilang beliau ini lucu. Lucu banget malah. Saya semakin penasaran dong. Memangnya beliau ini selucu apa sih? Apa beliau ini lebih lucu dari saya? Halah. Abaikan saja yang ini.

Tapi, tunggu dulu. Beliau ini sebenarnya siapa? Selebritis? Penyanyi? Pemain film? Oalah, ternyata blogger toh. Selebblog. Kok saya tidak tahu ya? Ya wajar. Saya kan sudah jarang update sekarang.

Nah, beruntung lah saya Om Warm bikin kuis di blognya. Hadiahnya satu buku Jomblo tapi Hafal Pancasila. Iseng saya ikutan kuisnya dan Alhamdulillah menang! Saya curiga jangan-jangan saya dikasih ijin menang karena saya bikin janji bakal menulis resensi buku ini kalau saya menang.

Dan inilah janji saya… Meski harus ngaret dulu berbulan-bulan, bahkan sampai ditagih janji sama Om Warm. Maafkan aku, Om! Sekali lagi maafkan aku…

Jadi langsung saja resensi ini dimulai ya…

Jujur, awalnya saya kira ini buku nonfiksi tentang apaaa gitu. Tentang nasionalisme anak muda kek, tentang jomblo kek, atau tentang apa saja yang bisa dibikin lucu. Sama sekali tidak ada gambaran di benak saya kalau Jomblo tapi Hafal Pancasila adalah kumpulan tulisan di blognya Mas Agus. Sungguh! Ini entah saya yang naif, atau bego, atau gimana, beneran saya tidak mengerti. Saya baru tahu kalau buku ini isinya ternyata kumpulan tulisan di blognya ya begitu saya pegang dan baca.

And I was speechless… Because…

Seriusan ini yang katanya lucu? Lucunya di mana? Karena dari awal sampai akhir buku ini, saya jarang, saya ulangi: jarang, sekali tertawa. Eh tidak tertawa malah. Paling hanya senyum kecut karena masih mikir, “Ini lucunya di mana?” Ini selera humor saya yang berbeda atau bagaimana nih?

Tapi, saya tahu satu hal yang bikin saya kecewa sama buku ini: karena buku ini kumpulan tulisan dari blog. Saya tidak pernah suka buku semacam ini, kecuali satu buku pengecualian khusus. Bagi saya, kalau mau bikin buku, ya sediakan materi khusus. Jangan ambil dari tulisan yang sudah diterbitkan di blog. Maksud saya, tulisan yang di blog itu kan memang niatnya mau dibagi secara gratis kepada pembaca toh. Lantas, kalau mau dijadikan buku rasanya ya… gimana ya. Begitulah. Kalian tahu maksud saya kan?

Berikutnya yang saya kurang suka adalah lawakannya terlalu banyak mengasihani diri sendiri. Memang mentertawakan diri sendiri itu humor yang lumrah. Tapi, kalau terlalu menjual “kejombloan” dari awal sampai akhir itu rasanya membosankan, kalau tidak mau dibilang memuakkan. Sampai akhirnya saya membatin sendiri, “Ya sudah lah. Memang kenapa sih kalau jomblo? Nanti kalau situ sudah punya pasangan rese, brengsek, menyebalkan, situ bakal ngarep buat jadi jomblo.”

9 thoughts on “#26 – Jomblo tapi Hafal Pancasila

  1. kimigalak.3gp

    beneran ga tertawa sama sekali atas tulisan2 cerdas beliau itu? 😮 anda memang tiupe pembaca yang ajaib hihihi coba berkunjung ke blognya sesekali, saya suka dengan kategori teman, atau keluarga. Tipe lucu tulisan beliau ini memang begitu.

    saya jd penasaran, yg menurut kimi lucu itu yg macam gimana sih 😮 😮 *masih terkaget2 atas reaksinya*

    1. Misalnya dari dulu aku berlangganan blognya, terus aku rajin baca tiap dia update, mungkin lucu, Om. Tapi, ini kan bukunya kumpulan tulisan di blog, yang mana jokesnya itu senada dari awal sampai akhir. Jadi terasa garing. Semacam dapat ditebak tulisannya itu. Ini menurut aku sih. 😀

Tinggalkan Balasan

