#38 – Arranged Marriage

Arranged MarriageJudul: Arranged Marriage (Perjodohan)
Penulis: Chitra Banerjee Divakaruni
Penerjemah: Gita Yuliani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (cetakan I, 2014)
Halaman: 376
ISBN-13: 978-602-03-0135-8
Harga: Rp 20.000,-
Rating: 5/5

Arranged Marriage berisi sebelas cerita pendek dari Divakaruni. Dari judulnya sudah jelas topik dari kumpulan cerpen ini adalah perjodohan. Sebagian besar tokoh utamanya adalah wanita India yang dijodohkan oleh keluarganya. Latar cerita berada di India dan Amerika Serikat.

Ini adalah cerita para wanita yang harus menerima kenyataan bahwa mereka dijodohkan dengan lelaki yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Pernikahan yang mereka akan lalui seperti sebuah perjudian. Akankah pernikahan mereka bahagia atau justru menyiksa mereka?

Arranged Marriage menceritakan kepada kita ternyata masih ada wanita-wanita yang tidak memiliki suara sendiri untuk menentukan pilihan. Wanita masih dianggap sebagai warga kelas dua. Wanita tidak berhak atas dirinya sendiri. Dia adalah milik suaminya, keluarganya, masyarakat. Dia harus tunduk pada semua otoritas tersebut.

Cerita favorit saya adalah “Hidup yang Sempurna”. Meera, tokoh utama dalam cerita tersebut, adalah wanita mandiri dan memiliki pendirian kuat. Dia merupakan gambaran wanita India modern yang berhasil lepas dari kungkungan budaya. Punya karir bagus, apartemen mewah, pacar yang memberinya keleluasaan. Apa lagi yang bisa dia harapkan?

Meera menolak dijodohkan ibunya. Dia tidak peduli dia belum menikah. Dia tidak merindukan keberadaan seorang anak. Sampai akhirnya dia bertemu dengan anak laki-laki yang mengubah hidupnya.

Saya suka cerita ini karena membaca kasih sayang yang tulus dari Meera untuk anak laki-laki, yang diberinya nama Khrisna, tersebut sangat menyentuh. Juga perjuangannya untuk mengadopsi Khrisna—sekali lagi—sangat menyentuh. Saya dibuatnya terharu.

Masih ada sepuluh cerita pendek lainnya dalam Arranged Marriage. Sangat layak untuk dinikmati oleh teman-teman semua.

Iklan

2 thoughts on “#38 – Arranged Marriage

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s