#96 – The Arctic Incident

Judul: The Arctic Incident (Artemis Fowl #2)
Penulis: Eoin Colfer
Penerbit: Hyperion Books (2002)
Halaman: 398
Rating: 3 dari 5 ⭐ – liked it

Artemis sedang duduk di ruangan Dr. Po, seorang konselor yang bekerja di Saint Bartleby, tempat Artemis bersekolah. Dia diharuskan oleh ibunya, Angeline Fowl, untuk menjalani sesi terapi dengan psikolog karena ibunya khawatir dengan Artemis yang sangat obsesif mencari ayahnya. Saat itu Artemis sedang menjalani sesi dengan Dr. Po ketika ponsel Artemis bergetar. Butler memberitahu bahwa ada pesan dari pengirim rahasia. Isi pesannya berkaitan dengan Fowl Star, kapal ayahnya yang tenggelam ditembah mafia Rusia.

Artemis bergegas meninggalkan sesi konseling tersebut begitu saja. Dia segera pulang ke rumah bersama Butler untuk mempersiapkan diri dan mengatur rencana untuk membebaskan ayahnya.

Sementara itu, di dunia peri ada kasus penyelundupan baterai besar-besaran. LEP merasa heran siapa manusia yang menyuplai goblin dengan baterai sebanyak itu dan untuk apa. Holly Short langsung menuduh satu nama. Siapa lagi kalau bukan Artemis Fowl. Karena siapa lagi manusia yang bisa khatam mengetahui dunia peri, selain Artemis? Untuk membuktikan tuduhannya, Short diberi izin oleh atasannya, Commander Root, untuk membawa Artemis ke markas mereka untuk ditanyai.

Artemis melihat ini sebagai sebuah kesempatan. Artemis akan membantu LEP untuk menemukan siapa penyuplai baterai dengan imbalan LEP harus membantu Artemis dalam misi menyelamatkan ayahnya yang disandera mafia Rusia. Commander Root sepakat. Maka berangkatlah Artemis, Butler, Short, dan Root ke Arctic untuk membebaskan Artemis Fowl Senior, setelah sebelumnya mereka ke Paris untuk menyelidiki siapa yang menjadi penyuplai baterai untuk goblin.

Setelah Commander Root dan Short pergi membantu Artemis dan Butler, di Lower Element, Haven City, terjadi pemberontakan goblin. Goblin menggunakan senjata  Personil LEP seharusnya bisa mengendalikan pemberontakan tersebut seandainya senjata mereka bisa berfungsi. Sebuah keanehan terjadi karena semua senjata tidak dapat digunakan. Ini seolah-olah senjata mereka dibajak. Tidak hanya senjata, semua alat teknologi yang canggih yang ada di LEP juga tidak berfungsi. Tuduhan mengarah pada Foaly karena Foaly merupakan otak di balik teknologi yang ada di LEP. 

The Arctic Incident terjadi kira-kira setahun setelah buku pertama. Di buku ini Artemis berusia 13 tahun. Butler masih setia melayani dan melindungi Artemis. Short masih menyimpan dendam terhadap Artemis karena dia diculik oleh Artemis. Foaly masih bermulut tajam dan suka asal berkomentar. Root masih menjadi Commander di LEP.

The Arctic Incident memiliki dua cerita besar. Pertama, operasi penyelamatan Artemis Fowl Senior. Kedua, pemberontakan goblin. Keduanya memiliki porsi yang sama besar. Hanya saja saya merasa peran Artemis Fowl II agak berkurang di sini. Justru Captain Holly Short yang perannya menjadi lebih banyak. Artemis tidak seperti di buku pertama di mana dia terlihat jeniusnya dengan banyak mengatur strategi, juga komentar-komentarnya yang tajam dan cerdas. Di sini dia lebih terlihat pendiam. Saya tidak banyak melihat kecerdasan Artemis dalam membuat rencana. Hal itu mungkin disebabkan oleh Artemis yang sedang kalut memikirkan keselamatan ayahnya sehingga dia lebih banyak diam dan menurut saja dengan yang lain.

Karena alasan itulah saya memberi nilai 3 dari 5 ⭐ .

Baca juga resensi:
1. Artemis Fowl
2. The Seventh Dwarf

6 pemikiran pada “#96 – The Arctic Incident

  1. Ping balik: #97 – The Eternity Code – Blog Buku Kimi

  2. Ping balik: #98 – The Opal Deception – Blog Buku Kimi

  3. Ping balik: #99 – The Lost Colony – Blog Buku Kimi

  4. Ping balik: #100 – The Time Paradox – Blog Buku Kimi

  5. Ping balik: #101 – The Atlantis Complex – Blog Buku Kimi

  6. Ping balik: #102 – The Last Guardian – Blog Buku Kimi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s