#114 – Kita Pergi Hari Ini

Kita Pergi Hari Ini

Judul: Kita Pergi Hari Ini
Penulis: Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (cetakan I, Oktober 2021)
Halaman: vi + 186
ISBN: 978-602-06-5747-9
Rating: 2 dari 5 ⭐ – it was okay

Saya sungguh merasa bersalah memberikan rating 2 bintang untuk Kita Pergi Hari Ini, apalagi penulisnya adalah salah satu penulis favorit saya, tetapi, ya, mau bagaimana. Saya tidak bisa berpura-pura merasa wah atau spesial atau luar biasa terhadap karya Ziggy yang ini.

Sebenarnya Kita Pergi Hari Ini memiliki premis yang menarik, yaitu tentang orangtua-orangtua kejam yang cuma mau beranak, tetapi tidak mau mengurus anaknya lantas “minta tolong” ke kucing ajaib untuk mengurus anak-anaknya. Imajinasi Ziggy membangun dunia sebagai latar cerita novel ini absurd, seperti biasa. Tokoh-tokohnya juga sama absurdnya. Meski demikian, hal terpenting adalah pesan moralnya tersampaikan dengan baik dan dengan akhir cerita yang sungguh tidak enak. Ceritanya sebenarnya gelap (jangan terkecoh dengan sampul bukunya yang bikin gemas itu), meski dituliskan dengan gaya bercerita yang ringan. And, that’s the problem. At least, for me.

Saya tidak bisa menangkap pesan atau aura gelap dari novel ini karena gaya bercerita Ziggy yang ringan tersebut. Seolah-olah hanya seperti bercerita kegiatan hari ini apa saja, makan apa, dan habis nonton film apa. Akibatnya, saya kurang bisa meresapi cerita. Begitu sampai di halaman akhir, saya cuma bergumam, “Oh, begitu tamatnya.” That’s all.

Selain itu, saya merasa deskripsi yang digunakan a little bit too much. And I can’t handle it. I was overwhelmed. And probably I won’t understand it why Ziggy wrote like that. Ever. Iya, saya tahu bisa dibilang Kita Pergi Hari Ini masuk ke dalam genre fantasi. Jadi, sudah sepantasnya jangan terlalu dipikirkan dengan menggunakan logika. Nikmati saja. Namun, bagaimana saya mau bisa menikmati kalau saya tidak bisa begitu memahami deskripsi dalam cerita? Kalau bisa dianalogikan tuh, gaya bercerita Ziggy di sini seperti lukisan abstrak. Buat yang mengerti, itu indah. Buat yang tidak mengerti, kebingungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: