Menulis Riviu ala Kimi

Kalau dalam beberapa pos sebelumnya saya bilang saya sering kali ngaku-ngaku hobi baca, sekarang saya mau bilang kalau saya suka menulis. Setidaknya, saya mengakunya sih begitu. Yah, minimal menulis riviu buku deh. πŸ˜†

Bagi yang terbiasa pasti setelah membaca buku langsung menulis riviu-nya di blognya. Belakangan ini saya lumayan rajin menulis riviu buku yang saya baca. Riviu itu biasanya saya posting di Goodreads atau Grup Cacing Buku di Facebook. Informasi gak penting, creator Cacing Buku ini saya lho. πŸ˜†

Balik ke awal.

Jujur saja, menulis riviu tidak mudah bagi saya (well, menulis pun sebenarnya tidak pernah mudah bagi saya). Tapi kalau membaca riviu-riviu di koran atau majalah kok rasanya bagus-bagus ya riviunya? Β Saya pun iri. Ingin rasanya bisa menulis riviu sebagus di koran atau majalah. Sayangnya, saya tidak tahu ajaran pasti bagaimana menulis riviu yang baik dan benar. Alhasil, saya pun menulis sekenanya saja, semaunya saya.

Tapi setidaknya dalam menulis riviu saya memiliki standar penulisan sendiri. Pertama, informasi tentang buku yang diriviu. Informasi itu mencakup: judul, pengarang, penerbit, tebal halaman, dan harga buku. Kedua, plot cerita. Singkat saja, tidak usah panjang. Kalau terlalu panjang, malah nanti saya dihajar pembaca karena dianggap spoiler. Ketiga, nilai-nilai apa saja yang coba dibahas dalam buku tersebut atau setidaknya menurut saya nilai apa saja yang saya dapatkan dari buku tersebut. Keempat, kritik atau pujian terhadap buku. Ini sih opsi saja. Saya mah tidak kompeten kalau mau mengkritik buku. Ilmu saya masih cetek. Pun kalau mau memuji paling saya hanya mengatakan bukunya bagus dan saya suka. πŸ˜€

Nah, itu standar menulis riviu bagi saya. Bagaimana dengan kalian? Boleh lho berbagi disini. Siapa tahu ilmu saya bertambah dan tulisan saya pun semakin baik.

Iklan

4 thoughts on “Menulis Riviu ala Kimi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s